RSS

TOILET UMUM Dan KEPUTIHAN PADA WANITA ??

27 Sep

Salah satu tempat umum yang dapat menyebabkan berjangkitnya penyakit adalah toilet umum. Baik itu toilet umum di mall, perkantoran, rumah sakit, kampus, kendaraan umum. Termasuk bagian yang dapat menjadi sumber penyakit dalam toilet adalah gagang pintu, dudukan toilet, dan air bilasan kran.

Bicara soal kesehatan toilet, mengutip Majalah Majalah Dokter Kita (edisi 01 November 2008) ada peringatan untuk pengguna toilet duduk. Kenapa? Karena meski terlihat bersih bukan berarti bebas dari kuman. Pada sebuah penelitian, ditemukan setidaknya 21 jenis bakteri dan 2 jamur di area tersebut. Keberadaan kuman itu jangan dianggap sepele karena dapat mengganggu kesehatan. Gangguannya mulai dari gatal hingga infeksi saluran kencing.

Dan peringatan ini lebih besar untuk kaum perempuan. Pertama, adalah infeksi kulit pada dan sekitar vagina. Keluhannya bermacam-macam tergantung pada sebabnya, bisa karena jamur atau karena bakteri. Infeksi pada kulit mencakup rasa gatal-gatal pada area vagina, keputihan, bintik merah-merah dan lainnya. Tak hanya di vagina, infeksi kulit juga menyerang area selangkangan (antara vagina dan dubur).

Contoh bakteri yang biasa berkembang adalah Staphilococcus Sp, bakteri tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai bisul dan dapat menjadi infeksi yang resisten terhadap antibiotik. Juga terdapat E.Coli, bakteri Enterococcus (bakteri dalam kotoran yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan infeksi luka) dan masih banyak lagi jenis dan jumlah bakteri yang lain. Penyakit yang umum jika tidak bersih dalam menggunakan toilet umum:

  1. infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada wanita daripada wanita karena saluran kemih wanita lebih pendek daripada pria. Banyak saluran kemih yang dapat terinfeksi yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Tanda-tanda umum nyeri seperti pada buang air kecil, air kencing sedikit atau bahkan berdarah, mual, nyeri punggung belakang.
  2. Selain itu yang mengancam adalah pemakaian toilet umum adalahkeputihan oleh bakteri Gordnella. Bakteri ini dapat menimbulkan keputihan keabu-abuan, bau amis, berbuih, dan berair, gatal pada vagina. Penyebab keputihan yang lainnya adalah bakteri Pallidium.
  3. Keputihan yang membahayakan adalah parasit Trichomonas Vaginalis. Parasit ini penyebab keputihan dengan ciri-ciri yaitu cairan berwarna kuning atau kehijauan, sangat kental, berbau anyir, berbuih. Ditularkan melalui hubungan seksual, bibir kloset yang terkontaminasi parasit atau juga perlengkapan mandi yang dipakai secara bersama-sama.

Bagaimana mengurangi resiko terpapar kuman toilet umum?

  • Pilih toilet umum dengan closet jongkok. Toilet jongkok tidak menyentuh langsung permukaan closet dan lebih higienis.
  • Jika menggunakan closet duduk, sebelum menggunakannya, bersihkan dulu pinggiran atau dudukan closet dengan cairan pembersih dan tisu baru. Bila perlu setelah dibersihkan, lapisi dudukan dengan tisu
  • Jangan cebok di toilet umum dari air yang ditampung di bak mandi atau ember. Pakailah shower atau keran.
  • Biasakan cebok dengan cara yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya. Bila terbalik maka cara cebok seperti itu sama saja seperti menarik kotoran ke daerah vagina atau saluran kencing.
  • Toilet bersih bukan jaminan terbebas dari kuman. Sumber kuman bisa jadi malah dari Anda sendiri, khususnya tangan. Biasakan untuk mencuci sebelum dan sesudah melakukan aktivitas di toilet.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, diharapkan hantu toilet umum berupa penyakit keputihan, infeksi saluran kemih, dan organ reproduksi pada wanita dapat dicegah.

sumber : http://www.bebaskeputihan.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 27, 2012 in Keperawatan Maternitas

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: